JALAN-JALAN KE HUTAN MANGROVE (WONOREJO) SURABAYA !


                                                      foto : www.wistajatim.info


Hallo guys !!!
Welcome to www.alnadaily.blogspot.com !
Di Surabaya, ada 2 destinasi wisata hutan mangrove. Yaitu, hutan mangrove wonorejo, dan gunung anyar. Dua-duanya sama-sama menarik dan keren, tapi  kali ini, aku bakalan ajak kalian jalan-jalan ke ...................
Yup, HUTAN MANGROVE WONOREJO SURABAYA !!!
Selamat membaca :)


Hutan mangrove wonorejo ini, terletak di jalan Jl. Wonorejo Timur No.1, Wonorejo, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur ( Jalan Kedung Baruk/ Kampus Stikom, didekat Sekolah IPH, kantor taksi orenz.) Jalannya yang sedikit terpencil, dan medan yang berat. Seperti, jalan berlubang, berbatu, dll. Akan jadi hambatan bila kendaraan kalian tidak cukup kuat di sini. Jadi pastikan, kendaraan kalian sangat prima kondisinya.


                                                     foto : www.diarysivika.com

Setelah menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan, begitu kita parkir, dan masuk ke dalam wisata hutan mangrove. Kita akan langsung disambut jembatan kayu, dan pohon-pohon yang rindang. Namun sayangnya, jarang terlihat burung yang terbang/hinggap di dahan-dahan pohon yang rindang tersebut. Padahal, di pohon-pohon itu tertulis, berbagai macam burung yang menghuni. Tapi, yang nampak hanya pohonnya saja, tanpa ada burungnya.


Lalu ketika berjalan lagi, menyusuri jembatan kayu tersebut. Kita akan menemukan warung-warung yang sedang menjajakan makananya. Jadi, bila anada lapar, anda bisa istirahat sejenak, sembari menikmati lezatnya makanan.


Setelah mengisi perut, kita menuju tempat pembelian tiket perahu. Tiket ini diperlukan untuk menyebrang ke pulau mangrove, yang letaknya dekat dengan batas laut. Setelah membeli tiket, yang harganya Rp 25.000/orang. Kita harus menunggu, agar banyak orang, dan bisa naik kapal bersama-sama menuju pulau mangrove.Setelah menunggu selama 30 menit, kapal pun akhirnya berangkat. Jujur, yang aku rasain, saat naik kapal ini adalah, kayak lagi adventure di kalimantan gitu. Karena sungainya yang besar, bikin seolah-olah lagi ada di sungai kapuasnya jawa timur deh :))


                                                    foto : www.wistaterindah.net
 
Setelah 15 menit ada di dalam kapal, akhirnya aku sampai juga di pulau konservasi mangrove. Disini bener-bener lebih indah, lebih sejuk, dan lebih rindang dari pintu masuk hutan mangrove.

                                                       foto : www.wisatajatim.info

Setelah melewati lorong penuh tumbuhan mangrove, kita akan menemukan gazebo-gazebo besar, tempat beristirahat, sambil menikmati indahnya alam. Dan juga, ketika kita melihat ke bawah gazebo, terdapat sekumpulan ubur-ubur kecil yang berenang-renang di bawah. Dan itu bener-bener indah banget.


O ya, buat kalian umat muslim yang tentunya menunaikan ibadah sholat. Disini, di pulau mangrove, disediakan mushola kecil yang bersih untuk sholat, dan juga toilet kecil yang bersih untuk berwudhu/buang air kecil, dan sebagainya.


Kalau kalian udah sampe di pulau mangrove. Kalian bisa nyantai dan berlama-lama disana. Karena, tidak ada batasan waktu kapan harus di balik (kecuali kalau mau tutup). Oya jangan lupa, jika berkunjung ke hutan mangrove, kalian harus foto-foto yang banyak. Karena disana angel nya bener-bener bagus dan terang. Dan jangan lupa, kalau kesini, kalian mending pake baju yang tipis/menyerap keringan. Karena di hutan mangrove bener-bener panas udarnya.

                               Ini dia foto aku, waktu di hutan mangrove wonorejo surabaya.


Kelebihan :
- Indah banget pemandangannnya.
- Pas sampai di pulau mangrove nya bener-bener sejuk.
- Musholla dan wc nya lumayan bersih
- Nggak ada biaya masuk

Kekurangan :
- Banyak sampah dimana-mana. Bahkan pas di pulau mangrovenya, ubur-uburnya keburu pergi, gegara banyak sampah :(
- Jalanannya berat. Seperi yang aku bilang di atas, jalan menuju hutan mangrovenya itu nggak lancar. Banyak batu yang tajam. Mana nggak ada tukang tambal ban lagi kalau bocor.
- Nggak ada burungnya. Padahal di pohon-pohon ditulis, di hutan mangrove banyak burung. Nyatanya, bakalan sulit banget lihat burung di sana.

RATING : 8 dari 10

YOU CAN FIND IN : Jl. Wonorejo Timur No.1, Wonorejo, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur ( Jalan Kedung Baruk/ Kampus Stikom, didekat Sekolah IPH, kantor taksi orenz.)

OPEN : 08.00 - 16.00 WIB

Thanks udah baca blog aku. Samapi ketemu di postingan selanjutnya.
Bye-bye :)












Komentar

Postingan Populer